Internasional

KEMITRAAN dengan INSTITUSI PENDIDIKAN

Sebagai politeknik negeri pertama di Indonesia, POLMAN Bandung memiliki peran nyata dalam membangun dan mengembangkan program Pendidikan Tinggi Politeknik. Keberhasilan POLMAN Bandung dalam merealisasikan tujuan pendidikan tinggi politeknik untuk mendidik tenaga-tenaga ahli yang profesional dan kompeten dibidangnya disertai etos kerja dan disiplin yang tinggi telah menjadikan POLMAN Bandung sebagai “barometer” politeknik di tanah air.

Guna mempertegas pengabdian dalam membangun SOM yang profesional sebagai usaha meningkatkan daya saing bangsa, POLMAN Bandung terus berusaha memperluas jaringan kemitraan dan kerjasama dibidang pendidikan, baik dengan institusi pendidikan yang telah ada maupun dengan pemerintah daerah atau lembaga yang akan mendirikan lembaga pendidikan tinggi politeknik.

Beberapa bentuk kerjasama bidang pendidikan yang tengah dikembangkan diantaranya:

Konsultasi Pendidikan

POLMAN Bandung membuka diri selebar-Iebarnya bagi lembaga pendidikan tinggi untuk berkonsultasi dalam penerapan program dan sistem pendidikan. Mitra kerja dapat berkonsultasi dan mempelajari secara langsung bagaimana sistem pendidikan berjalan di POLMAN Bandung.

Melalui prgram ini, diharapkan mitra kerja dapat mentransfer ilmu dan pengalaman yang diperoleh selama berada di kampus POL MAN Bandung untuk diterapkan di institusinya masing-masing. sistem dan program pendidikan di institusi mitra kerja untuk berusaha memberikan alternatif-alternatif pemecahan apabila terjadi kesulitan-kesulitan teknik dalam pelaksanaannya.

Berkat dukungan berbagai pihak, program ini telah berjalan dengan baik dan terus dikembangkan di masa mendatang. Berbagai institusi pendidikan tinggi berbentuk politeknik , akademi dan bahkan universitas (fakultas teknik), telah menjalin kerjasama dengan POLMAN Bandung untuk memperoleh pembinaan/konsultasi bidang pendidikan. Diantaranya; Politeknik Manufaktur Timah – Bangka Belitung, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Jakarta, Akademi Teknik Sorowako, Politeknik Kesehatan Negeri Bandung, GMI, Mara Malaysia.

Perencanaan Pendirian Pendidikan Tinggi Politeknik / Akademik

POLMAN Bandung memiliki catatan prestasi yang nyata dalam mengembangkan program pendidikan tinggi politeknik/akademi di Indonesia, terutama dalam perencanaan sistem dan program pendidikan bagi pendirian politeknik/akademi yang disesuaikan dengan kondisi riil kebutuhan tenaga ahli di sekitar lokasi berdasarkan pada potensi sumber daya alam di wilayah tersebut.

Konsultasi perencanaan pendirian pendidikan tinggi politeknik/akademi yang diberikan meliputi penyusunan proposal pendirian pendidikan tinggi politeknik/akademi berikut perencanaan sistem dan program pendidikan yang akan didirikan, proses seleksi staf manajemen dan pengajar/instruktur, pembinaan dan pelatihan staf manajemen dan pengajar/instruktur di kampus POLMAN Bandung.

Konsultasi Pendampingan Sertifikasi ISO 9001:2008

Program ini merupakan bentuk kepedulian POLMAN Bandung dalam turut membangun institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang profesional, kredibel dan handal.

Pengalaman POLMAN Bandung sebagai perguruan tinggi negeri pertama di Indonesia yang memperoleh serifikat ISO 9001 :2008 membuat POLMAN Bandung semakin antusias untuk “menularkan” ilmu dan pengalamannya dalam penerapan manajemen mutu pendidikan.

Dalam program ini, POLMAN Bandung akan melakukan konsultasi pendampingan bagi semua institusi pendidikan tinggi yang berminat menerapkan sistem menejemen mutu dan sertifikasi ISO 9001 :2008; mulai dari tahap pereneanaan dan persia pan sertifikasi.

Diantara lembaga pendidikan tinggi yang telah bekerjasama dalam program ini diantaranya; Universitas Krisna Dwipayana, Fakultas Teknik Universitas Mereu Buana, Fakultas Teknik Universitas Taruma Negara, Fakultas Teknik Universitas Paneasila, Politeknik Negeri Manado, dan Politeknik Kesehatan Negeri Bandung .

Pelatihan Bagi Guru Sekolah Menengah Kejuruan

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah menengah kejuruan, terutama yang berkaitan dengan permesinan, POLMAN Bandung siap bekerja sama dengan dinas-dinas pendidikan propinsi atau kabupaten/kota.

Dengan program ini diharapkan kualitas belajar mengajar di sekolah menengah kejuruan dapat ditingkatkan seeara signifikan melalui pelatihan dan pembinaan seeara intensifdi kampus POLMAN Bandung.

Sebagai contoh, pada Februari 2007, POLMAN Bandung melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu – Propinsi Riau untuk Pelatihan Teknisi Pemeliharaan Mesin yang diikuti 25 peserta selama 6 bulan di kampus POLMAN Bandung. Diharapkan, para peserta pelatihan dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan, khususnya pada bidang teknologi pengerjaan logam dan mesin.

Penerimaan Mahasiswa Baru