Donor Darah Warga Polman Bandung

Program Pengembangan Karakter Mahasiswa Kerjasama Aceh Tahun 2022
June 16, 2022
Kunjungan Industri SMK Bina Karya Purwakarta
June 23, 2022

Salam Sehat

Rabu 15 Juni 2022, Polman Bandung melaksanakan kembali kegiatan donor darah yang juga bertepatan dengan hari Hari Donor Darah Sedunia atau World Blood Donor Day 2022 pada 14 Juni 2022. Awalnya, donor darah dilaksanakan 3 bulan sekali atau 4 kali setahun, kini sedang diupayakan agar bisa 5 kali setahun. Hal tersebut berdasarkan perubahan waktu jeda donor dari semula 90 hari menjadi 75 hari.

Tidak seperti biasanya, kali ini donor darah dilaksanakan di Ruang Rinekamaya lantai 1, yang merupakan persyaratan pelaksanaan donor darah agar dilakukan di tempat datar dan tidak di tempat tinggi untuk keselamatan pendonor. Walau terkesan lebih sempit dibanding Aula Rupantama, ternyata tidak mengurangi animo untuk berkontribusi dalam kegiatan sosial kali ini.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Mobil Unit Donor Darah datang bersamaan dengan tamu-tamu penting Polman yang akan mengikuti FGD (Focus Group Discussion). Tamu-tamu penting tersebut berasal dari Kemendikbudristek, Kementerian PUPR, Pemprov Jabar, dan Pemkab Majalengka yang langsung menuju Aula Rupantama. Ada pula kunjungan SMK Kalianda Lampung yang menuju Auditorium Rinekamaya. Petugas keamanan tampak sibuk mengatur kendaraan yang parkir di dalam kampus juga kendaraan yang melintas di Jalan Kanayakan.

Tidak butuh waktu lama bagi petugas PMI untuk menyiapkan peralatan di Laboratorium Bahasa dan USM yang sudah disiapkan tim Subbag Umum dan tim KDD (Keluarga Donor Darah) Polman sehari sebelumnya. Di sudut lain juga terlihat tim Kalbe Farma yang ikut menyiapkan stand, banner, alat pemeriksaaan kesehatan, pemeriksaaan jantung, ginjal, tulang, dan lain-lain untuk pemeriksaan kesehatan secara cuma-cuma. Namun, kegiatan kali ini dirasa kurang karena tidak adanya pemeriksaan mata gratis yang bekerja sama dengan optik di sekitar Dago.

Beberapa Dosen dan karyawan rupanya sudah siap mendonorkan darahnya untuk mengawali kegiatan. Tidak lama kemudian, mahasiswa yang berseragam bengkel maupun yang berpakaian bebas berdatangan. Ternyata hal tersebut menghangatkan suana, ditambah sajian bubur ketan kacang hijau serta telur rebus hangat yang sudah disiapkan Tim Rumah Tangga Polman untuk yang sudah mendonor. Tidak lupa, pendonor diberikan bingkisan yang berisi vitamin, camilan, dan minuman yang dibawa PMI.

Terlihat canda tawa dan saling menyemangati antarpendonor saat menanti pemeriksaaan dan pengambilan darah karena sebagian pendonor baru pertama kali merasakan darahnya diambil. Terlihat juga wajah-wajah yang agak kecewa karena ditolak dokter saat pengecekan darah. Antrian pendonor cukup panjang karena tiap pengambilan darah dibutuhkan waktu 10-15 menit dengan 3 petugas pengambil darah untuk 6 kursi donor darah.

Alhamdulillah, registrasi donor darah ditutup pukul 12.00 dan pengambilan darah berakhir pukul 13.30. Dari 120 labu yang dibawa PMI, terkumpul 93 labu dari 111 pendaftar. Terdapat 18 orang yang ditolak dengan beberapa alasan (Hb, tensi darah, minum obat, kurang tidur, dan berat badan). Terdapat peningkatan jumlah pendaftar/pendonor dari kegiatan sebelumnya, kemungkinan karena kegiatan perkuliahan kali ini  mulai banyak yang luring sehingga mahasiswa banyak terlibat. Pendaftar yang tidak sempat atau ditolak bisa langsung mendonorkan darahnya di PMI Kota Bandung, jalan Aceh 79.

Semoga kedepan makin banyak pendonor serta sistem yang lebih baik.
Setetes darah anda adalah harapan bagi yang lain.
Semoga niat dan amal baik kita diterima Allah SWT.

 

KDD Polman Bandung

 

Comments are closed.

Penerimaan Mahasiswa