SELEKSI BERSAMA MASUK POLITEKNIK NEGERI (SBMPN)

POLMAN BANDUNG TAHUN 2020

Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) merupakan jalur masuk Politeknik Negeri dengan cara tes tulis, yang bertujuan untuk memilih calon mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di Politeknik sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan.

Nama SBMPN adalah perubahan nama dari jalur UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri). Pergantian nama merupakan hasil keputusan bersama dalam Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) yang diadakan di Surabaya pada bulan Desember 2019.

Seleksi penerimaan SBMPN yang seharusnya dilaksanakan dengan cara tes tulis, namun karena kondisi saat ini adanya pandemi Covid-19 maka pelaksanaan tes tulis ditiadakan, tetapi diselenggarakan secara daring (online).  Sistem pelaksanaan SBMPN tahun 2020 diselenggarakan hampir sama dengan sistem pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) atau biasa disebut dengan Jalur Undangan. Oleh karena itu, kepada semua peserta yang pendaftarannya memilih Politeknik Manufaktur Bandung diharapkan mempersiapkan perlengkapan seperti Laptop/PC/Gadget yang terkoneksi dengan internet.

Jalur seleksi tahun ini peserta mendaftar secara ONLINE dengan membayar biaya pendaftaran, dan selanjutnya mengisi data yang ada diaplikasi (sesuai petunjuk). Kemudian sesuai jadwal penyelenggaraan SBMPN para peserta harus menunggu hasil pengumuman kelulusan dan petunjuk selanjutnya. Pastikan Pilihan Pertama Anda Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN Bandung)

  • Jadwal Penerimaan SBMPN tahun 2020 adalah sebagai berikut:

  • Syarat Pendaftaran (D3 dan D4 Reguler) :Para peserta SBMPN diharapkan aktif membuka laman Politeknik Manufaktur Bandung terkait informasi pelaksanaan SBMPN ; https://polman-bandung.ac.id/
  1. Lulusan SMA/MA/SMK/MAK sederajat
  2. Tahun kelulusan maksimal tahun 2018 dan usia 21 tahun
  3. Bagi pendaftar yang pernah mengikuti tes jalur SNMPN tahun 2020 tetapi dinyatakan tidak lulus dapat mendaftar pada jalur SBMPN tahun 2020.
  4. Pendaftar yang telah dinyatakan lulus dan diterima, baik yang tidak mendaftar ulang maupun yang mendaftar ulang menjadi mahasiswa baru pada jalur SNMPN tahun 2020 tidak dapat mengikuti lagi jalur SBMPN tahun 2020.
  5. Pastikan TIDAK BUTA WARNA untuk semua program studi
  6. Pastikan TIDAK CACAT FISIK (ANGGOTA FISIK LENGKAP) yang dapat mengganggu kegiatan proses belajar mengajar untuk semua program studi

Biaya Pendaftaran

  • Biaya Pendaftaran SBMPN (Peserta Umum dan KIP-Kuliah) sebesar Rp. 150.000,-

DAFTAR SBMPN : http://sbmpn.politeknik.or.id/


PROGRAM D-IV ALIH JENJANG (SARJANA TERAPAN TEKNIK) (Lulusan dari Diploma III) :

TATA CARA PENDAFTARAN :

  1. Melakukan PENDAFTARAN di website : https://pmb.polman-bandung.ac.id/sbmpn_d4/
  2. Upload Ijazah Diploma III yang sudah dilegalisir dan salinan/copi
  3. Transkrip Nilai Semester Awal sampai dengan Akhir
  4. Upload past foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4
  5. Membayar Biaya Pendaftaran sebesar Rp. 250.000,- melalui Bank BNI (ATM atau Teller)
  6. Panduan dapat di unduh disini

Pendaftaran :
• Pendaftaran dibuka dari tanggal 19 Mei 2020  25 Mei 2020 sampai dengan 25 Juni 2020

Syarat Pendaftaran :

  • Program Studi Teknologi Rekayasa Manufaktur :
    Upload Ijazah Diploma III Teknik Mesin/Manufaktur yang sudah dilegalisir (Minimal Akreditasi B)
  • Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi :
    Upload Ijazah Diploma III Teknik Otomasi, Mekatronika & Elektromekanik atau Elektro, Mesin/Manufaktur, Komputer, Informatika yang sudah dilegalisir (Minimal Akreditasi B)
  • Usia maksimal 30 tahun pada bulan Juni 2020
  • Upload Surat Keterangan Sehat dari Dokter

Adminstratoradmin