Prodi Teknologi Perancangan Perkakas Presisi (d/h Teknik Perancangan Perkakas Presisi)

Precision Tool Design Engineering Technician

Program studi Teknologi Perancangan Perkakas Presisi (TPPP) diselenggarakan untuk menyiapkan tenaga kerja berkemampuan atau memiliki kompetensi sebagai Ahli Teknik Teknologi Perancangan Manufaktur berbasis teknologi manufaktur, pada bidang perancangan perkakas presisi yang mampu menunjukan kesiapannya dalam :

  • Bekerja di Industri manufaktur yang bergerak dibidang pembuat perkakas presisi (press tool, mould, & jigs & fixture), industri pengguna, konsultan atau sejenis.
  • Bisa berperan secara efektif dalam lingkungan keilmuannya yang berkembang fleksibel dan cepat.
  • Dapat bertindak secara bertanggungjawab dan dengan etika yang benar
  • Memungkinkan studi lanjut pada jalur Pendidikan Tinggi Vokasional (Diploma) maupun akademi (Sarjana) baik didalam negeri ataupun diluar negeri.
  • Memiliki wawasan kewirausahaan yang diarahkan pada usaha mandiri dengan dukungan keterampilan dan pengetahuan yang telah dimilikinya.
  • Membangun kreativitas dan inovasi yang dipersiapkan mampu berperan aktif dalam industri manufaktur.

Deskripsi Umum Prodi

Program studi Teknik Perancangan Perkakas Presisi ini merupakan pengembangan dari program studi Teknik Perancangan Manufaktur yang telah dimulai sejak tahun 1981 dan keberadaannya dalam lingkungan perguruan tinggi diatur melalui SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0313/0/1991 dan penetapannya dipertegas berdasarkan SK Menteri No.

257/0/1998 tentang Pendirian Politeknik Manufaktur Bandung dan No. 095 /0/1999 tentang Statuta Politeknik Manufaktur Bandung. Selanjutnya Program studi mendapatkan status perubahan berdasarkan SK menjadi program studi Teknik Perancangan Perkakas Presisi.

Perancangan Peralatan Presisi (Tooling Design) adalah bidang pada teknik manufaktur yang khusus menganalisis, merencanakan, meracang konstruksi, mengaplikasikan metode dan prosedur pada peralatan presisi seperti peralatan penepat dan pencekam (jigs & fixture), cetakan   plastik   (mould),   dan   peralatan   penekan   (press   tools)   dengan   tujuan   untuk

meningkatkan produktivitas pada bidang manufaktur.

Visi dan Misi Prodi

Visi

Sebagai Program Studi unggul dalam pendidikan tinggi bidang perancangan perkakas presisi di Indonesia yang mendukung visi Polman Bandung menjadi institusi terdepan pendidikan dan penerapan teknologi manufaktur di Indonesia dan diakui secara internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan terapan yang berkelanjutan yang efektif dan efisien;
  2. Menghasilkan lulusan sebagai perancang perkakas presisi madya, penyelia teknik (Engineering supervisor), berjiwa wirausaha teknik (designpreneur), dan dapat berperan aktif di tingkat nasional/ internasional;
  3. Memberikan kontribusi positif melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah/swasta maupun industri melalui pengembangan dan layanan dalam bidang perancangan perkakas presisi di tingkat nasional, regional, maupun internasional.

Deskripsi Profil Lulusan

Profil lulusan yang diharapkan adalah sebagai berikut :

  1. Mampu merancang peralatan presisi (precision tools) seperti peralatan penepat dan pencekam (jigs & fixture), cetakan plastik (mould), peralatan penekan (press tools). Selain itu juga mampu merancang mekanikal sederhana secara detail dengan metodologi perancangan tertentu,
  2. Menguasai penggunaan perangkat lunak CAD (Computer Aided Design) 3D-modeling,
  3. Mampu menghasilkan dokumentasi teknik dan model CAD dalam merealisasikan produk manufaktur sesuai dengan spesifikasi teknis yang terdefinisi.
  4. Melakukan penyeliaan terhadap proses pembuatan perkakas presisi pada industri manufaktur

Profesi lulusan diharapkan dapat menempati beberapa bidang pekerjaan spesifik pada profesi:

  1. Perancang madya peralatan perkakas presisi dengan metodologi yang bersifat rutin berbasis perangkat lunak CAD 3D (Jr. Tools Designer)
  2. Penyelia Teknik bidang perkakas presisi (Tooling Design Supervisor);
  3. Wirausahawan berbasis teknologi (Designpreneur);

Mata Kuliah Ciri Khas

Mata kuliah yang menjadi ciri khas pada program studi Teknologi Perancangan Perkakas

Presisi sebagai berikut:

No. Mata Kuliah
1. CAD untuk Perkakas Presisi
2. Perancangan Peralatan Perkakas Presisi
3. Perancangan Penepat dan Pencekam (Jigs & Fixtures)
4. Perancangan Cetakan Plastik (Mould)
5. Perancangan Peralatan Penekan (Press Tool)
6. Program Praktik Industri
7. Proyek Desain Perkakas Presisi
8. Otomasi Perkakas Presisi
9. Manajemen Biro Konstruksi Perkakas Presisi
Penerimaan Mahasiswa Baru