Assalamu`alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Politeknik Manufaktur Bandung sebagai institusi pendidikan tinggi vokasi mempunyai peran strategis dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan terhadap kebutuhan akan tenaga kerja terampil dibidang manufaktur. Disisi lain, perkembangan teknologi dan industri manufaktur saat ini berkembang sangat pesat, sehingga mempengaruhi tuntutan bidang pekerjaan yang akan dihadapi lulusan terutama untuk tahun tahun yang akan datang.

Beberapa kondisi aktual yang perlu kita perhatikan, diantaranya bahwa sejak dicetuskannya `Industrial Revolution 4.0` tahun 2011 di Jerman dan kemudian dijadikan tema pada pertemuan World Economic Forum (WEF) 2016 di Davos Swiss. Industri 4.0 akan memungkinkan suatu progres dapat dijalankan secara otonom. Penganalisaan suatu informasi dari mesin atau sistem berbasis ICT (Information and Communication Technology) yang cerdas dapat diterapkan pada pengelolaan proses produksi. Beberapa negara Industri seperti Amerika Serikat, China, Jepang dan Korea bahkan India dan Vietnam telah melakukan perencanaan dan persiapan menyongsong era revolusi industri tersebut.

Selain dari pada itu, beberapa pengamat ahli bidang ketenaga kerjaan saat ini sudah banyak mengingatkan akan adanya disruptive di dunia pendidikan. Di masa yang akan datang, kemungkinan hilangnya beberapa bidang pekerjaan yang ada sekarang digantikan dengan jenis pekerjaan baru yang bahkan saat ini pun belum dapat diperkirakan. Beberapa tema teknologi baru yang saat ini tidak asing di pendengaran kita diantaranya adalah 3D-Scanning to Printing, Virtual and Augmented reality, Artificial Intelligent dan lainnyaakan turut menghiasi khasanah kehidupan yang akan datang.

Menyongsong era tersebut dan menyikapi pertumbuhan perubahan pada teknologi, induvidu, bisnis serta kebijakan publik, maka POLMAN Bandung perlu mengambil langkah langkah pengembangan dengan prioritas pada pengembangan program studi yang ada dengan menitik beratkan pada:

  • Integrasi ICT (Information and Communication Technology) pada pengembangan teknologi dan innovasi produk, termasuk teknologi untuk memonitor kondisi mesin produksi serta pemeliharaannya dari jarak jauh.
  • Peningkatan kajian teknologi terkait material Hi-Tens, misalnya untuk tools dan mesin produksi sehingga dapat meminimasi dimensi, menyederhanakan struktur serta mengoptimasi proses pengerjaan.

Untuk memenuhi target tersebut, beberapa program penguatan yang telah dijalankan akan terus ditingkatkan, diantaranya adalah:

  • Penguatan beberapa program studi melalui peningkatan kapasitas dan kualitas baik sarana prasarana maupun teknologi seperti manufaktur pada skala mikro bahkan nano.
  • Peningkatan kompetensi dosen maupun mahasiswa melalui kerjasama/kemitraan dengan lembaga baik dengan lembaga pendidikan maupun lembaga profesi di dalam maupun luar negeri dalam bentuk pendidikan lanjut ataupun magang.
  • Meningkatkan kemitraan dengan para stakeholder/industri dalam menjalankan fungsi tugas tridharma pendidikan tinggi.

Di tahun 2018, rencana POLMAN Bandung untuk berubah bentuk dari institusi satuan kerja menjadi bentuk Badan Layanan Umum semoga cepat terwujud.

Perubahan tersebut, meskipun telah disiapkan sejak beberapa tahun lalu, masih memerlukan finalisasi terkait dengan kesiapan POLMAN Bandung untuk menyesuaikan dengan perubahan kebijakan nasional maupun peraturan peraturan lainnya.

Semoga Allah swt., meridhoi upaya kita bersama

Billahi Fii Sabilil Haq

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Mohammad Nurdin