Prodi Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi (d/h Teknik Pembuatan Perkakas Presisi)

Ahli teknik yang kompeten dalam pembuatan perkakas presisi seperti cetakan untuk pembentukan produk plastik (plastic moulding), plat logam (presstool), alat bantu pemesinan (jig & fixtures).

VISI
Menjadi Program Studi Unggulan yang Berperan dalam Penerapan dan Pengembangan Teknologi pada Cakupan Nasional dan Internasional.

MISI
Sebagai Pusat Rujukan bagi Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pengembangan dan Pemanfaatan Teknologi Manufaktur, dan Solusi Dunia Industri, dalam bidang-bidang yang berkaitan dengan Pembuatan Perkakas Presisi (Tool Making).

Produk masal dihasilkan oleh suatu perkakas yang memiliki rancang bangun tertentu dan pada umumnya terbuat dari suatu material khusus. Perkakas tersebut akan digunakan sebagai induk (master) dari ribuan produknya, oleh karenanya harus dibuat sesempurna mung kin melalui suatu pengerjaan dengan ketepatan serta ketelitian tinggi. Pengetahuan dasar dan ketrampilan khusus yang diperlukan untuk menjadi seorang ahli teknik dalam bidang ini adalah teknologi mekanik, teknologi manufaktur dan teknik produksi berbagai jenis perkakas presisi.

Ahli teknik pembuatan perkakas presisi atau teknik kerja mesin selain mampu mengoperasikan mesin konvensional, juga terampil menggunakan mesin otomatis yang teliti seperti CNC. Mampu menggunakan perangkat bantu manufaktur seperti CAM (Computer Aided Manufacturing), merencanakan produksi dan merencanakan peralatan yang digunakan dalam proses produksi. Ahli pembuatan perkakas presisi atau ahli pelatihan kerja mesin sangat dihargai di industri manufaktur. Karir berkembang mulai dari kepala regu (foreman), penyelia ( supervisor).

Penerimaan Mahasiswa Baru