Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

LATAR BELAKANG

Sentra HKI POLMAN didirikan atas dorongan DIKTI dalam melindungi karya-karya penelitian dari para akademisi dan praktisi yang dipergunakan oleh industri tetapi tidak mendapatkan perlindungan yang memadai. Sehingga, bukti-bukti karya profesional staf seringkali tidak dapat diperlihatkan secara ilmiah yang berdampak pada terhambatnya pengakuan jabatan fungsional staf. Renstra DIKTI 2003-2010  dengan paradigma barunya juga telah menginspirasi POLMAN untuk segera memberikan perlindungan terhadap karya-karya institusi sebagai barometer pengukuran kinerja Perguruan Tinggi. Sentra HKI POLMAN secara informal telah dibentuk pada tahun 2004, dengan program memberikan pendidikan haki kepada mahasiswa melalui pendalaman matakuliah bidang Pengembangan Sistem Manufaktur, Konsep Teknologi dan Kewirausahaan. Wadah ini akhirnya secara formal terwujud pada tanggal 30 Oktober 2007, dengan Surat Keputusan Direktur tentang pendirian Sentra HKI POLMAN nomor 2/N10.1.14/KEP/LL/10.2007.

VISI

Mewujudkan perlindungan yang layak terhadap karya-karya manusia dalam bentuk perolehan Paten, Merek, Desain Industri atau Hak Cipta.

MISI

  1. Untuk mewujudkan Visinya, Sentra HKI POLMAN menetapkan 4 (empat) jasa pelayanan yang disusun sebagai misi utama, yaitu:
    Memberikan pendidikan haki: Paten, Merek, Desain Industri dan Hak Cipta.
  2. Memberikan bimbingan pengembangan produk menuju perolehan haki.
  3. Memberikan konsultansi drafting dan pendaftaran haki.
  4. Memberikan pelayanan komersialisasi haki.

PENDIDIKAN HaKI

Pendidikan haki disiapkan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam bentuk pendalaman mata kuliah, kuliah umum, seminar/workshop/ lokakarya dan pelatihan.

Penyelenggaraan pendidikan haki disusun dalam kalender tahunan sebagai berikut:

Kegiatan Bulan ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
Pendalaman Mata kuliah x       x       x      
Kuliah Umum     x           x      
Seminar / Workshop/ Lokakarya       x x         x x  
Pelatihan   x   x   x   x   x   x

 

BIMBINGAN PENGEMBANGAN PRODUK

Sentra HKI POLMAN memberikan pelayanan bimbingan pengembangan produk dengan sarana dan prasarana desain yang canggih, software analisa yang mutakhir serta peralatan laboratorium logam dan laboratorium sistem kendali yang handal.

KONSULTASI DAFTRING HaKI

Sentra HKI POLMAN memberikan jasa pendampingan penyusunan drafting haki dengan menelusuri Paten, Merek, Desain Industri dan Hak Cipta untuk memberikan gambaran keberhasilan pengajuan haki di Indonesia atau negara-negara lain sebagai target pemasaran karya intelektual pemohon.

KOMERSIALISASI HaKI

Sentra HKI POLMAN selalu mengembangkan jaringan informasi dan kemitraan untuk menemukan para investor terhadap haki yang dititipkannya. Komersialisasi haki merupakan target Sentra HKI POLMAN dalam operasinya melayani para inventor dan para investor.

Komersialisasi haki menetapkan rencana kerja untuk mencapai target tahunannya sebagai berikut:

 

Program Jadwal Peserta Sasaran
Pendaftaran komersialisasi haki Bulan 1-5, 7-10 Inventor, Staf Daftar K_haki
Temu investor dan Inventor 6, 11, 12 Investor, Inventor, Staf MOU
Kontrak Kerja 6, 11, 12 Kontrak
Pendampingan Usaha 3-12 Laporan
Tutup buku tahunan 1-2 Royalti

 

SKEMA PEMBIAYAAN

Sentra HKI POLMAN memiliki akses terhadap berbagai jenis pendanaan. Pendanaan Pemerintah, pendanaan Sentra HKI POLMAN dan pendanaan Masyarakat. Pendanaan Pemerintah terdiri dari sumber Pemerintah termasuk Departemen Teknis dan Insentif haki non Departemen. Pendanaan Sentra HKI POLMAN disiapkan dari Anggaran Sentra HKI berasal dari penerimaan Sentra HKI POLMAN yang besarnya ditentukan dalam Rapat Pimpinan POLMAN dan mekanisme kontrol budget internal. Pendanaan masyarakat termasuk insentif yang diberikan perusahaan besar untuk membina usaha-usaha dibawahnya serta donatur/ investor umum yang memiliki kepedulian dalam memajukan karya-karya nasional.

BAGAIMANAN SENTRA HaKI BEKERJA

Sentra HKI POLMAN mempunyai program rutin yaitu program pendidikan haki, secara terjadwal masyarakat umum dan sivitas akademika dapat mengakses program ini mulai tahun 2008 dengan biaya yang sangat terjangkau.

Program bimbingan pengembangan produk dibagi dalam 3 katagori.

1. Katagori pertama adalah pengembangan produk bersama, dimana masyarakat dapat mengakses jasa ini tanpa harus memikirkan biaya karena biayanya akan dibayarkan dalam bentuk share kepemilikan royalti yang besarnya tergantung kesepakatan minimal 30% tergantung dari kematangan dari ide awal.
2. Katagori kedua adalah pengembangan produk pendampingan dimana inventor menggunakan sarana Sentra HKI baik fasilitas desain, prototipe maupun konsultan bisnis. Katagori ini ditetapkan dalam kontrak kerja bersama dengan biaya minimal dan sharing kepemilikan royalti 30% untuk Sentra HKI dan 70% Inventor.
3. Katagori ketiga adalah validasi teknis dan penelusuran haki. Pada katagori ini inventor dapat mengakses Sentra HKI POLMAN untuk menganalisa temuannya secara teknis dan penelusuran haki. Inventor dapat membayar biaya-biaya analisa dan penelusuran atau sharing royalti 10% untuk Sentra HKI dan 90% Inventor.

Sentra HKI POLMAN juga memberikan konsultansi drafting dan pendaftaran haki dengan biaya hanya Rp. 250.000,- hingga maksimal Rp. 1.000.000,-tergantung dari jumlah klaim yang dimintakan inventor diluar biaya-biaya transportasi dan biaya standar yang ditetapkan oleh Departemen Hukum dan HAM untuk masing-masing katagori haki.

Sentra HKI POLMAN bekerja menjemput bola, sehingga Anda tinggal mengisi formulir atau kirim email atau telpon kami pada alamat Sentra HKI POLMAN

 

FORMULIR PENGAJUAN

Nama Inventor : ______________________________

Alamat               : ______________________________  

                             ______________________________

E-mail               : ______________________________

Tel. : ______________   Fax : ___________________  

Saya/kami berminat untuk mendapatkan pelayanan haki dalam waktu  Segera atau  Tanggal __/___/20__          

  Paraf

 _________________
(Inventor)

Kirim via Fak: +62 22 2502649

 

PENGELOLA SENTRA HKI POLMAN
Ketua: Iwan Harianton
Kepala Divisi Pelatihan: Yuliadi Erdani
Kepala Divisi Perolehan Haki: Ayi Ruswandi
Kepala Divisi Komersial: Ka. Unit Pelayanan Masyarakat
Sekretaris: –

ALAMAT  SENTRA HaKI POLMAN
Kampus Politeknik Manufaktur Bandung,
Jl. Kanayakan no. 21, Dago, Bandung 40135 Indonesia
Telpon   : (+62)22-2500241 ext. 116,
Faksimile: (+62)22-2502649,
Mobile: +62 818 422 700
E-mail: sekretariat@polman-bandung.ac.id

Penerimaan Mahasiswa Baru