Prodi Teknologi Rekayasa Otomasi

1.1       Identitas Program Studi

Program Studi Diploma 4 Teknologi Rekayasa Otomasi (TRO) adalah salah satu program studi di lingkungan Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN Bandung) yang mulai menyelenggarakan  program  pendidikan  Diploma  4  pada  tahun  2016.  Program  Studi  D4 Teknologi   Rekayasa   Otomasi   memiliki   fungsi   strategis   untuk   ikut   berperan   dalam pengembangan teknologi otomasi untuk industri yang diperlukan dalam pembangunan bangsa dan  negara.  Program  Studi  Teknologi  Rekayasi  Otomasi  mengembangkan  visi dan  misinya berdasarkan pada pemahaman pentingnya pengembangan dan penerapan teknologi rekayasa otomasi industri 4.0. Revolusi industri merupakan sebuah perubahan cara hidup manusia dan proses kerja secara fundamental, dimana adanya kemajuan teknologi informasi dapat mengintegrasikan  dalam  dunia  kehidupan  dengan  digital  yang  dapat  memberikan  dampak disiplin ilmu. Munculnya revolusi industri 4.0 membuat wajah baru dalam fase kemajuan teknologi.

1.2       Visi

Menjadi  program  studi  yang  unggul  dalam  pengembangan  dan  penerapan  teknologi rekayasa otomasi industri 4.0 yang diakui secara nasional maupun internasional.

1.3       Misi

M1.   Menyelenggarakan  pendidikan  tinggi  terapan  Diploma-4  di  bidang  teknologi rekayasa otomasi  yang mengacu kepada kebutuhan industri manufaktur berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan YME;

M2.   Melaksanakan kegiatan penelitian di bidang teknologi rekayasa otomasi;

M3. Melakukan inovasi dan pengembangan teknologi rekayasa otomasi manufaktur sehingga hasil-hasilnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas;

M4.   Melakukan kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan karya tepat guna di bidang teknologi rekayasa otomasi;

1.4       Tujuan Teknologi Rekayasa Otomasi

Menyiapkan lulusan menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan mensosialisasikan teknologi otomasi manufaktur serta mengupayakan pemanfaatannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

1.5       Profil Lulusan Teknologi Rekayasa Otomasi

Tabel 1. Profil Lulusan dan Definisi

Profil Lulusan Teknik Mekatronika Definisi Profil
Automation Engineer Sebagai automation engineer pada bidang otomasi suatu perusahaan meliputi bidang kontrol, manufaktur, teknologi informasi, dan manajemen.
Trainer in Automation Technology Sebagai trainer di bidang teknologi otomasi yang mampu menjelaskan dan melakukan penilaian  terhadap  fungsi  operasi  dan integrasi dari berbagai macam sistem, perangkat dan piranti berbasis sistem elektromekanik yang digunakan pada sistem otomasi manufaktur.
Technopreneur Entrepreneur modern yang mengoptimalkan berbagai potensi perkembangan teknologi mekatronika sebagai basis pengembangan usaha.
Junior Manager Sebagai manager di industri otomasi

 

1.6       Rumpun Ilmu yang dipelajari

Main Course:

  • Sistem Otomasi o Sistem Kontrol o Instrumentasi
  • Teknik Informasi
  • Human Machine Interface
  • Sistem Keamanan

Supporting Course

  • Matematika Teknik Manufaktur & IPA
  • Sosial & Humaniora

Soft Skill

  • Skill komunikasi
  • Teamwork
  • Manajemen waktu

 

Penerimaan Mahasiswa Baru