Prodi Teknologi Manufaktur (d/h Teknik Mekanik Umum)

Ahli teknik yang kompeten dalam pembuatan suku cadang dan mesin-mesin produksi.
Secara umum telah ditetapkan bahwa lulusan program Diploma III harus memiliki “kemampuan” yang setara dengan “capaian pembelajaran” yang dirumuskan pada level 5 dalam KKNI.

Capaian Pembelajaran dibagi menjadi empat bagian yaitu: 

  • Sikap, 
  • Ketrampilan umum, 
  • Ketrampilan khusus, dan
  • Penguasaan pengetahuan.

kompetensi lulusan Teknik Mekanik Umum  tidak lagi semata hanya dilihat dari Ijazah tapi juga dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non formal, atau informal) yang akuntanbel dan transparan.

Kompetensi Lulusan Mahasiswa.

  • Mempunyai keahlian teknik di Bidang industri Manufaktur agar bisa berkontribusi dalam meningkatkan kualitas industri di Indonesia.
  • Mahasiswa dibekali dengan kemampuan teoritis dan juga kemampuan dalam bidang teknologi manufaktur terutama pada pembuatan komponen mesin, peralatan mekanik dan peralatan industri.
Kompetensi Bidang Manufaktur Diantaranya Adalah Sebagai Berikut:
  1. Mampu untuk mengidentifikasi dan menyelisaikan masalah rekayasa pembuatan komponen mesin, peralatan mekanik dan peralatan industri menggunakan basis data yang relevan serta memilih metode pemesinan dan proses lanjut.
  2. Mampu untuk merencanakan proses produksi dan merealisasikan pembuatan komponen mesin, peralatan mekanik, dan peralatan industri serta menyiapkan alat bantu untuk memastikan tingkat keterulangan produk yang berkesinambungan.
  3. Mampu untuk melakukan pengujian sifat material dan pengukuran serta mengendalikan kualitas berdasarkan prosedur dan standar yang berlaku.
  4. Mampu menggunakan teknologi CAD dan CAM dalam melaksanakan perancangan, pembuatan komponen mesin, peralatan mekanik dan peralatan industri.
  5. Mampu mengoperasikan dan merawat mesin-mesin perkakas baik konvensional dan CNC secara terampil dengan mempertimbangkan faktor keselamatan dan kesehatan kerja.
Penerimaan Mahasiswa Baru