Nasional (P2KR)

KEMITRAAN dengan INDUSTRI KECIL – MENENGAH

Pembinaan dan pengembangan inc:lustri kecil-menengah (IKM) merupakan bentuk pengabdian POLMAN Bandung kepada masyarakat dalam mentransfer ilmu dan teknologi tepat guna untuk rlleningkatkan efi`siensi produksi dan meningkatkan kualitas produk sehingga produk-produk IKM mampu bersaing di pasar.

Dengan pelatihan dan pembinaan, perajin IKM diharapkan mampu menghasilkan berbagai produk berkualitas, mulai dari peralatan medis, alat-alat rumah tangga, alat mesin pertanian sampai produk-produk suku cadang kendaraan bermotor.

Untuk program ini, POLMAN Bandung menyambut baik bagi instansi pemerintah pusat maupun daerah, lembaga swadaya masyarakat, asosiasi atau organisasi-organisasi lainnya untuk melatih dan membina industri kecil menengah.

Beberapa kerjasama yang dilakukan:, misalnya dengan Balai Pengembangan Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Barat untuk melatih dan membina operator mesin logam.

KEMITRAAN dengan INDUSTRI BESAR dan KORPORASI

Sebagai pendidikan tinggi vokasi yang salah satu tujuan utamanya adalah menyiapkan peserta didik untuk menjadi ahli teknik profesional dan kompeten yang langsung dapat memasuki dunia kerja sesuai keahlian yang dimilikinya, maka POLMAN Bandung memandang kerjasama kemitraan dengan industri manufaktur merupakan kerjasama strategis baik didalam meningkatkan kualitas lulusan maupun mengantisipasi kebutuhan pasar kerja pada masa mendatang.

Kerjasama kemitraan yang dibangun dan dikembangkan diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi POLMAN Bandung, melainkan juga memberi manfaat sebesar¬besarnya bagi industri manufaktur nasional.

Dengan kerjasama kemitraan yang baik dan seimbang, POLMAN Bandung akan terus berupaya untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi moderen. Berbagai masukan dari dunia industri manufaktur juga akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja POLMAN Bandung untuk senantiasa mampu memadukan antara kebutuhan riil industri manufaktur nasional dan program pendidikan yang diselenggarakan.

Bagi industri manufaktur nasional, kerjasama kemitraan dimaksud juga diharapkan mampu memberikan alternatif solusi bagi peningkatan kualitas produksi dengan tersedianya tenaga-tenaga ahli siap pakai yang profesional, handal dan kompeten dibidangnya.

Dan dengan bentuk kerjasama yang dibangun dan dikembangkan, bersama industri manufaktur nasional POLMAN Bandung terus berusaha mendharmabhaktikan kemampuan ilmu dan teknologi yang dimiliki untuk meningkatkan daya saing bangsa melalui peningkatan daya saing industri nasional.

Program-program kerjasama kemitraan yang dibangun dan dikembangkan POLMAN Bandung dengan industri manufaktur nasional antara lain:

Rekrutmen dan Career Weeks

Career Weeks adalah program pengambilan lulusan oleh industri dengan melaksanakan presentasi yang dilaksanakan di kampus POLMAN Bandung yang diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir yang akan lulus program Diploma 3 (D3), POLMAN Bandung, yang dilanjutkan dengan pengambilan calon pegawai.

Dengan program ini, perusahaan dapat memberikan informasi selengkap mungkin kepada calon lulusan POLMAN Bandung terkait dengan spesifikasi, kompetensi kerja dan informasi-informasi lainnya. Perusahaan diberi kesempatan untuk melakukan seleksi dan penerimaan karyawan secara langsung di POLMAN Bandung.

Keuntungan bagi perusahaan, perusahaan diberi kesempatan pertama untuk merekrut calon-calon lulusan terbaik POLMAN Bandung. Selain itu, proses perekrutan tenaga kerja dapat dilaksanakan secara lebih efektif dan langsung bertatap muka dengan ahli-ahli teknik yang handal dan kompeten dibidangnya.

Career Weeks dilaksanakan pada bulan September setiap tahun selama dua minggu. Selain program Career Weeks, permintaan lulusan dari industri melalui POLMAN Bandung dengan memasang pengumuman lowongan kerja yang. disiapkan oleh BAK (BagianAdministrasiAkademik dan Kemahasiswaan).

Program Magang

Program magang kerja mahasiswa POLMAN Bandung di industri merupakan implementasi dari pendekatan “Cooperative 3-2-1 Based Education”, yaitu; setelah memperoleh pendidikan selama 3 (tiga) semester di kampus POLMAN Bandung, mahasiswa memperoleh kesempatan untuk magang kerja di industri selama 2 (dua) semester agar mendapatkan pengalaman kerja nyata dalam rangka membangun pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja.

Dengan pendekatan komprehensif, sambutan dunia industri sangat baik dan antusias. Sejak diluncurkannya program ini, sudah lebih dari 100 industri manufaktur yang telah berperan dalam kegiatan program magang industri dan dengan kecenderungan yang terus meningkattajam.

Dari evaluasi program, pihak industri mendapatkan beberapa keuntungan dengan mengikuti program ini. Pertama, pihak industri terbantu untuk memperoleh teknisi ahli secara temporer. Kedua, pada banyak kasus, pihak industri secara langsung dapat memonitor profesionalisme yang ditunjukan mahasiswa POLMAN Bandung dan menjadi referensi dalam perekrutan untuk teknisi ahli. Ketiga, pada beberapa kasus, pihak industri memperoleh kesempatan emas untuk memperoleh calon teknisi ahli yang kompeten dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga pihak industri menawari mahasiswa magang untuk kembali ke perusahaan tempat magang setelah lulus, bahkan banyak perusahaan yang berani memberikan beasiswa sampai mahasiswa lulus dengan syarat mahasiswa bersedia menerima ikatan kerja di perusahaan tersebut.

Pelatihan (Professional Training)

Jasa pelatihan yang diselenggarakan POLMAN Bandung merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat didalam mendukung usaha-usaha membentuk sumber daya manusia yang terampil dan kompeten dibidang teknik manufaktur.

Program pelatihan yang ditawarkan adalah dalam bentuk sistem moduler atapun “Tailor made.” Berikut adalah rincian program jasa pelatihan yang diselenggarakan POLMAN Bandung:

Bidang Teknik Manufaktur

Menyediakan layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum dalam teknik manufaktur berbasis mekanikal baik hard maupun soft skills. Tersedia paket-paket pelatihan standar maupun yang disesuaikan dengan kebutuhan/permintaan pelanggan, mis. Teknik Pemeliharaan/Perbaikari Mesin termasuk Manajemen-nya. Fasilitasnya dilengkapi dengan permesinan berteknologi CNC dari berbagai jenis dan ukuran serta software CAM mutakhir, termasuk 3-D CMM.

Bidang Teknik Perancangan Manufaktur

Menyediakan layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum dalam perancangan perkakas presisi dan perancangan mekanik umum baik manual maupun berbasis komputer. Tersedia paket-paket pelatihan standar maupun yang disesuaikan dengan kebutuhan/permintaan pelanggan. Soft-/Hardware yang tersedia : AutoCAD, Pro-Engineer, PAM Stamp, Mold Flow, Rapid Prototyping dll.

Bidang Teknik Pengecoran Logam

Layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum tersedia paket¬paket pelatihan standar dan yang disesuaikan dengan kebutuhan/permintaan pelanggan. Paket pelatihan mencakup soft dan hard skills dalam teknik pengecoran logam baik untuk yang berbasis Ferro maupun non-Ferro, mulai dari perancangan dan pembuatan pola, perancangan tuangan, teknik peleburan, analisa dan pengujian material, serta perlakuan panas, dll.

Bidang Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

Menyediakan layanan pelatihan bagi karyawan industri dan umum tersedia paket-paket standar dibidang PLC, Pneumatik & Hidrolik, dll. Disamping itu, tersedia paket-paket pelatihan khusus sesuai permintaan/kebutuhan pelanggan.

Jasa Produksi

Layanan Jasa Produksi diharapkan dapat memberikan solusi bagi perusahaan yang memiliki keterbatasan fasilitas dan tenaga ahli dibidang-bidang tertentu. Melalui program kerjasama kemitraan, POLMAN Bandung siap memberikan yang terbaik untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses produksi. Diharapkan pula, program kerjasama kemitraan ini dapat mempererat dan memperluas jaringan kerjasama untuk mendukung daya saing industri manufaktur nasional.

Berbagai industri besar sudah berpartisipasi dalam program ini, diantaranya PT Bio Farma, Pt. Medion Plastik, PT. Indomobil Suzuki International, Grup Astra, dan lain-lain.

Adapun layanan produksi dan jasa yang dikembangkan POLMAN Bandung secara garis besar adalah sebagai berikut:

Bidang Teknik Manufaktur

Pembuatan cetakan berbagai jenis, dies, jig & fixture, die casting, komponen presisi (tunggal dan rakitan) dan mesin-mesin untuk keperluan khusus, prototipe, retrofitting/pemeliharaan/perbaikan mesin produksi dll. merupakan layanan-Iayanan publik yang merupakan salah satu perwujudan pengabdian kepada masyarakat.

Bidang Teknik Perancangan Manufaktur

Melayani perancangan gambar kerja yang mengacu pada standar ISO, DIN atau ASTM untuk cetakan plastik, dies, jig & fixture, mekanik umum, die casting, komponen presisi (tunggal dan rakitan) dan perancangan mesin-mesin untuk keperluan khusus, mis. Trenching Machine, Caulking Machine

Bidang Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

Melayani pembuatan peralatan peraga pengajaran dibidang elektronika, mekatronika dan otomasi; pemeliharaan dan perbaikan peralatan-peralatan medis; kelistrikan dan sistem kendali mesin produksi/agro industri/tekstil.

Jasa Konsultasi dan Rekayasa

Program layanan jasa konsultasi dan rekayasa merupakan program layanan bagi dunia industri untuk memberikan solusi dalam efisiensi proses produksi.

Program ini memberikan keuntungan timbal balik antara industri dan POLMAN Bandung. Bagi dunia industri, program ini akan sangat membantu terutama bagi industri yang memiliki keterbatasan fasilitas dan tenaga ahli. Bagi POL MAN Bandung, program ini akan semakin memperluas pengalaman yang kemudian dapat dijadikan rujukan-rujukan dalam meningkatkan sistem dan program pendidikan.

Adapun layanan Konsultasi dan Rekayasa yang dikembangkan POLMAN Bandung secara garis besar adalah sebagai berikut:

Bidang Teknik Manufaktur

Layanan publik yang tersedia terbatas pada konsultasi dan rekayasa pengembangan pembuatan produk cetakan plastik, dies (press tool, die casting), jig & fixture, reverse-engineering, prototype, yang memberikan solusi menyeluruh mulai dari konsep dan optimasi proses, pemilihan alat bantu proses hingga prototipe produk.

Bidang Teknik Perancangan Manufaktur

Melayani rekayasa untuk mencari solusi permasalahan manufaktur dalam rancangan perkakas, komponen atau suku cadang dan mesin¬mesin umum. Menyediakan layanan konsultasi dan rekayasa untuk pengembangan produk cetakan plastik, dies (press tool, die casting), jig & fixture, reverse-engineering, protoyping, yang memberikan solusi menyeluruh mulai dari konsep dan optimasi perancangan, optimasi proses manufaktur hingga prototipe produk.

Bidang Teknik Pengecoran Logam

Cakupan layanan ini meliputi konsultasi dan rekayasa sistem produksi pengecoran logam baik untuk kepentingan pendidikan/pelatihan maupun industri. Tim FE POLMAN mampu memberikan solusi menyeluruh permasalahan pengecoran logam seperti menentukan komposisi bahan yang tepat, pengembangan peralatan pengecoran logam dan optimasi pabrik pengecoran logam.

Bidang Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

Layanan konsultasi dan rekayasa bisa berupa pengembangan produk otomasi dan mekatronika baik yang bersifat tunggal maupun sistem; pengembangan program studi secara menyeluruh dalam bidang otomasi manufaktur dan mekatronika. Pelaksanaan konsultasi dan rekayasa dilakukan secara terinstitusi.

Penerimaan Mahasiswa Baru