Program KPK IDUKA 2020 Mitras DUDI: kontribusi Politeknik Manufaktur Bandung

Sebagai salah satu penerapan visinya menjadi institusi terdepan dalam pendidikan, pengembangan dan penerapan teknologi manufaktur yang diakui dunia, Polman Bandung ikut ambil bagian, berperan serta dalam program Kampus Pendamping Kerjasama Industri dan Dunia Kerja (KPK-IDUKA) dari Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI) Kemendikbud, yang memiliki misi mewujudkan dan meningkatkan Kemitraan/ Kerjasama antara Satuan Pendidikan Vokasi dengan IDUKA, termasuk didalamnya industri manufaktur.

Pada peran aktifnya dalam program KPK-IDUKA, Polman Bandung mendampingi 6 (enam) institusi pendidikan yang disebut sebagai Satuan Pendidikan Vokasi Afiliasi (SPVA), yang terdiri dari 3 Politeknik dan 3 SMK, yaitu : Politeknik Negeri Subang, Politeknik Manufaktur Ceper, Politeknik Negeri Kupang, SMKN 1 Karawang, SMKN 6 Bandung dan SMKN 1 Losarang.

Polman Bandung memandang program KPK-IDUKA ini sebagai sarana strategis untuk menularkan praktik baiknya dalam melaksanakan program kerjasama dengan industri dan dunia kerja, yang telah dijalankan sejak 3 (tiga) dekade lalu hingga saat ini, kepada 6 (enam) institusi SPVA yang didampinginya. Misi ini dijalankan dengan melakukan identifikasi potensi perbaikan, merencanakan program perbaikan dan melakukan proses peningkatan dalam rangka mencapai kemampuan yang efektif dan efisien sebagai mitra IDUKA, serta melakukan evaluasi hasil pendampingannya. Selain itu, Polman Bandung pun ingin memposisikan dirinya menjadi katalisator peningkatan kualitas pendidikan tinggi vokasi secara nasional dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional yang berbasis inovasi dan manufaktur, sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Polman Bandung.

Indikasi keseriusan Polman Bandung dalam program KPK-IDUKA ditunjukkan pada pemilihan tim yang dipilih untuk menjalankan aktivitas ini. Polman berkoordinasi dengan para Ketua Jurusan untuk mengirimkan kader terbaiknya untuk memastikan program ini berjalan lancar dan berhasil guna. Polman Bandung tentunya sangat bertanggungjawab atas penugasan tim tersebut sehingga diharapkan mampu menghasilkan luaran sesuai dengan sasaran Direktorat Mitras DUDI.
Kegiatan-kegiatan dalam program ini mencakup kegiatan identifikasi potensi perbaikan, penyusunan program perbaikan, penjadwalan dan pelaksanaan program pendampingan, evaluasi hasil perbaikan, dan workshop verifikasi kesiapan SPV Afiliasi dengan IDUKA sekaligus penandatanganan MoU antara IDUKA dengan SPV Afiliasi jika terdapat kesesuaian diantara keduanya.

Luaran pendampingan dalam program KPK-IDUKA ini adalah kesiapan SPV Afiliasi secara teknis, manajerial, dan sistem operasi pelaksanaan kerjasama, sehingga sekurang-kurangnya ada satu IDUKA baru yang bersedia bermitra dengan setiap SPV Afiliasi, tidak hanya pada kemitraan umum seperti Program Praktek Industri atau Magang Industri, namun juga pada kerjasama pemberdayaan teknologi yang dimiliki SPV Afiliasi.
Program ini telah dijalankan sejak 16 September 2020, dengan pelaksanaan workshop perdana untuk pemetaan potensi SPVA pada 1 Oktober 2020. Dalam perjalanannya, Polman melaksanakan beberapa workshop daring dan luring, serta kunjungan dan pendampingan secara langsung kepada mitra-mitra yang tergabung dalam SPVA. Workshop dan materi yang disampaikan antara lain meliputi Self Evaluation SWOT, materi penguatan kompetensi teknis, system manajemen kualitas, serta materi pendukung dan pelengkap lainnya.

Berikut beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan :

  • Workshop pemetaan potensi SPVA, 1 Okt 2020
  • Workshop penguatan keahlian Desain & Konstruksi, 20 Okt 2020
  • Workshop penguatan keahlian Modular Engineering, 21 Okt 2020
  • Workshop penguatan proses permesinan & fabrikasi, 22 Okt 2020
  • Workshop penguatan keahlian pada Otomasi Industri, 26 Okt 2020
  • Workshop penguatan aspek maintenance dalam operasi & produksi, 27 Okt 2020
  • Workshop pembahasan hasil self-evaluation SWOT SPVA, 28 Okt 2020
  • Workshop penguatan keahlian Pengecoran Logam, 2 Nov 2020
  • Workshop kesiapan implementasi, 16 & 17 Nov 2020
  • Beberapa kunjungan dan pendampingan ke SPVA

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh mitra-mitra Polman dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan tersebut. Tidak hanya melalui keterlibatan aktif dalam kegiatan, namun juga melalui kesediaan mereka secara sungguh-sungguh dalam mencapai tujuan kegiatan, yaitu : pembuatan (atau perbaikan) sistem pengelolaan kerjasama dalam sistem Organisasi Tata Kelola (OTK), dan juga realisasi terjalinnya kerjasama SPVA dengan IDUKA yang dibuktikan dengan adanya MoU yang dibuat.
Dan pada tanggal 1 Desember 2020 nanti, akan digelar penandatanganan MoU antara 6 SPVA dengan sejumlah mitra IDUKA, yang dilaksanakan di salah satu tempat strategis di Bandung. Kegiatan tersebut dapat dikatakan sebagai gelaran pamungkas bagi aktivitas fisik dalam program ini. Namun, pendampingan dalam penyusunan dokumen perencanaan SPVA dan aktivitas manajerial lain pasca penandatangan MoU akan tetap dilaksanakan oleh Polman Bandung dan para SPVA terkait, sebagai upaya memastikan keberhasilan penerapan program ini.