Mahasiswa POLMAN Bandung Ubah Sampah Jadi Uang

Lowongan Kerja PT Reiken Quality Tools
January 4, 2022
Ucapan Terima Kasih Kepada Bapak Dindin Sulaeman, Masch.Ing.HTL., MAB.

February 3, 2022

POLMAN BANDUNG – Melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pada Masyarakat (KKN-PPM) mahasiswa program Sarjana Terapan (Diploma IV) Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur di Desa Jatipamor, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka.
Mahasiswa Politeknik Manufaktur Bandung (Polman Bandung) melaksanakan kegiatan KKN-PPM selama lebih kurang 2 minggu dari 24 Januari hingga 6 Februari 2022. Selama berada di desa tersebut, para mahasiswa akan berusaha membantu sekitar 3000 warga desa dalam upaya peningkatan kemampuan warga melalui pengetahuan dan penerapan teknologi tepat guna sesuai dengan program yang telah disiapkan.
Menurut Rivaldi (ketua pelaksana kegiatan KKN-PPM), selama berada disana, diharapkan para peserta bisa membuat konsep bisnis yang bersifat sustainable dan dapat menyelesaikan permasalahan lingkungan. Adapun wujud dari konsep tersebut, langkah awal yang dilakukan adalah memperkenalkan teknologi mesin crusher untuk pengolahan sampah karya tugas akhir mahasiswa Polman Badung, membuat media pembudidayaan lalat BSF untuk mendekomposisi sampah organik, dan tempat penampungan sampah.
Kegiatan KKN-PPM ini dilaksanakan sebagai bentuk kewajiban sebuah institusi pendidikan untuk berkontribusi kepada masyarakat, industri, pemerintah, dan kelompok masyarakat umum dalam peningkatan bidang perekonomian maupun sosial. Dan juga, kegiatan ini akan memberdayakan kepribadian mahasiswa yang terlibat didalamnya hingga memiliki soft skill yang bagus, diantaranya : kepekaan penghayatan kemanusiaan, kepedulian terhadap masyarakat sekitar, kemampuan berbagi ilmu pengetahuan, pengembangan atau penemuan pengetahuan baru, kemampuan leadership (kepemimpinan), interpreneurship, dan kerjasama (team work).
Harapannya dengan adanya kegiatan KKN-PPM bagi mahasiswa Program Sarjana Terapan ini, mampu menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki sikap empati yang baik dan peduli terhadap permasalahan di masyarakat.
Sumber : KKN-PPM TRPM dan Kehumasan Polman Bandung

Comments are closed.

Penerimaan Mahasiswa