Jurusan

Politeknik Manufaktur Bandung atau yang dikenal dengan nama Polman Bandung merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri Vokasi dan Politeknik Negeri pertama di Indonesia. Polman Bandung berdiri sejak tahun 1976 dengan nama Politeknik Mekanik Swiss (PMS-ITB) diawali dengan 3 program studi yaitu Teknik Pembuatan Perkakas Presisi, Teknik Pemeliharaan Mesin dan Teknik Gambar.

Production Based Education
Keunggulan Politeknik Manufaktur Bandung adalah penerapan pembelajaran Production Based Education (PBE). Melalui PBE mahasiswa dilibatkan langsung dengan kegiatan produksi untuk permintaan industri yang terintegrasi dalam kurikulum pendidikan melalui metode 3-2-1.
3-2-1 adalah Tiga semester di kampus, dua semester di industri dan satu semester kembali ke kampus. Melalui metode tersebut maka lulusan Politeknik Manufaktur Bandung selain mendapat ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka juga memiliki sikap kerja dengan budaya industri yang dibentuk selama perkuliahan.

JURUSAN TEKNIK MANUFAKTUR

Jurusan pertama yang diselenggarakan sejak awal perkuliahan Politeknik Manufaktur Bandung pada tahun 1976 adalah Jurusan Teknik Manufaktur atau Manufacturing Engineering (ME).
Memiliki kompetensi inti dalam teknologi manufaktur, dies, moulding, dies casting, jig and fixture dan mesin khusus. Sehingga mampu memberikan pelayananproses manufaktur berkualitas yang handal bagi industri manufaktur secara luas seperti industri-industri pembuatan produk dan bahan plastik, otomotif, manufaktur, elektronika, agro, pertambangan dan rekayasa.
Jurusan Teknik Manufaktur menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang pembuatan perkakas presisi, perawatan mesin dan mekanik umum melalui konsep pendidikan yang berdasarkan production based education (PBE) dan modular based education (MBE) sehingga dihasilkan lulusan yang siap untuk mengeksekusi sistem produksi secara efektif dan efisien.
Program Studi yang terdapat di Jurusan Teknik Manufaktur adalah
1. Pemeliharaan Mesin (Maintenance Mechanics Technology)
2. Teknologi Pembuatan Perkakas Presisi (Precision Tool Making Technology)
3. Teknologi Manufaktur (Manufacturing Technology)
4. Teknologi Rekayasa Manufaktur (Manufacturing Engineering Technology)
5. Manajemen Teknologi Rekayasa (Engineering Technology Management)
6. Program Magister Terapan Rekayasa Teknologi Manufaktur

Lihat informasi lebih selengkapnya untuk setiap program studi pada laman Jurusan Teknik Manufaktur atau Manufacturing Engineering (ME)

me1
de1

JURUSAN TEKNIK PERANCANGAN MANUFAKTUR

Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur atau Design Engineering (DE). memiliki kompetensi inti dalam teknologi perancangan perkakas presisi, perancangan mesin perkakas, dan perancangan berbagai alat atau mesin khusus manufaktur lainnya. Teknik perancangan manufaktur merupakan hulu dari setiap rangkaian kegiatan manufaktur oleh karena itu Jurusan ini akan menempati posisi strategis pada sektor industri manufaktur.

Jurusan Teknik Perancngan Manufaktur menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang perencanaan perkakas presisi (tool desain) dan teknik perancangan mekanik umum melalui konsep pendidikan yang berdasarkan pada production based education (PBE) dan modular based education (MBE) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai perancang peralatan/mesin bagi industri manufaktur
Program Studi yang terdapat di Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur adalah
1. Teknologi Perancangan Perkakas Presisi (Precision Tool Design Technology)
2. Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur (Manufacturing Design Engineering Technology)
3. Rekayasa Perancangan Mekanik (Mechanical Design Engineering)
Lihat informasi lebih selengkapnya untuk setiap program studi pada laman Jurusan Teknik Perancangan Manufaktur atau Design Engineering (DE)

JURUSAN TEKNIK PENGECORAN LOGAM

Jurusan Teknik Pengecoran Logam atau foundry engineering (FE) dibuka sejak tahun 1986. Pada saat itu Jurusan ini merupakan Foundry School pertama di Indonesia dan lulusannya memiliki peranan yang besar dalam perkembangan industri Foundry di tanah air.
Kompetensi lulusan Jurusan ini adalah penguasaan teknologi pengecoran logam yang meliputi perancangan tuangan, pembuatan pola, pembuatan cetakan pasir, proses peleburan, perlakuan panas, serta pengujian dan analisa bahan sehingga mereka mampu membuat komponen coran berkualitas tinggi yang dibutuhkan oleh berbagai sektor industri seperti industri otomotif, pertambangan dan industri alat berat.
Jurusan Teknik Pengecoran Logam menyelenggarakan program pendidikan dalam teknik pembuatan pola pengecoran logam dan teknik pengecoran logam melalui konsep pendidikan yang berdasarkan pada production based education (PBE) dan modular based education (MBE) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya.
Program Studi yang terdapat di Jurusan Teknik Pengecoran Logam adalah
1. Teknologi Pengecoran Logam (Foundry Engineering)
2. Teknologi Rekayasa Material Maju (Advanced Materials Engineering Technology)
3. Teknologi Rekayasa Metalurgi (Metallurgical Engineering Technology)

Lihat informasi lebih selengkapnya untuk setiap program studi pada laman Jurusan Teknik Pengecoran Logam atau foundry engineering (FE)

fe1
ae

JURUSAN TEKNIK OTOMASI MANUFAKTUR DAN MEKATRONIKA

Pada tahun 1995 dibuka Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika atau Automation Engineering (AE) adalah jurusan yang menghasilkan ahli teknik kompeten dalam merancang dan menangani sistem perangkat otomatis.
Para lulusannya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang mekanika, elektronika dan informatika. Keterampilan tersebut menjadi dasar untuk merancang, merangkai dan memelihara permesinan atau peralatan otomatis baik secara terpisah maupun secara terintegrasi dalam satu sistem manufaktur.
Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika menyelenggarakan program pendidikan dalam bidang otomasi manufaktur dan mekatronika melalui konsep pendidikan yang berdasarkan pada production based education (PBE) dan modular based education (MBE) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten pada bidangnya.
Program studi yang terdapat di Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika adalah
1. Teknik Mekatronika (Program Diploma D-II)
2. Teknologi Rekayasa Mekatronika (Mechatronics Engineering Technology)
3. Teknologi Rekayasa Otomasi (Automation Engineering Technology)
4. Teknologi Rekayasa Informatika Industri (Industrial Informatics Engineering Technology)
5. Teknologi Rekayasa Sistem Aerial Nirawak (Unmanned Aerial Systems Engineering Technology)
6. Program Magister Terapan Sistem Fisikal Siber Otomasi Manufaktur (Cyber Physical Systems for Manufacturing Automation

Lihat informasi lebih selengkapnya untuk setiap program studi pada laman Jurusan Teknik Otomasi Manufaktur dan Mekatronika

Penerimaan Mahasiswa