Polman Bandung hadir di West Java Investment Summit

Mahasiswa Polman Bandung meraih “Best Innovation” dalam Kompetisi Informatika Politeknik Nasional
August 12, 2023
Meraih Prestasi dari tanah Bali, dalam ajang International Edupreneur Summer Program 2023
August 19, 2023

Kabupaten Bandung Barat, Polman Bandung – Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN Bandung) mengikuti ajang bergengsi yaitu West Java Investmen Summit (WJIS) tanggal 10 Agustus 2023.  Bertempat di Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan Kabupaten Bandung Barat, WJIS merupakan merupakan acara tahunan yang diadakan di Jawa Barat, Indonesia, yang berfungsi sebagai platform untuk mempromosikan dan memfasilitasi peluang investasi di wilayah tersebut. Acara ini mempertemukan para pejabat pemerintah, pemimpin bisnis, dan pengusaha dari berbagai industri untuk mendiskusikan kolaborasi potensial dan memamerkan potensi Jawa Barat sebagai tujuan investasi yang menarik.

Dibuka oleh Menteri Koordinator Perekonomian Republik Airlanggo Hartanto, Acara WJIS 2023 diharapkan menjadi motor penggerak investasi daerah lain di Indonesia mengenai pentingnya investasi untuk keberlangsungan iklim perekonomian di Indonesia.   Dalam kesempatan ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sebagai tuan rumah WJIS 2023 dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini Propinsi Jawa Barat  merupakan propinsi terbesar di Indonesia dalam bidang investasi baik dari luar maupun dalam negeri.  Gubernur yang biasa di sapa kang Emil juga mengatakan bahwa saat ini Propinsi Jawa Barat secara masif membangun kawasan Rebana yang terdiri dari Kabupaten Subang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan dan Kota Cirebon menjadi daerah metropolitan baru di Jawa Barat.  Untuk menjadikan daerah metropolitan tersebut sangat dibutuhkan investasi dari berbagai pihak.

Secara strategis Metropolitan Rebana sudah terhubung dengan infrastruktur penunjang konektivitas kawasan yaitu jalan tol trans jawa, jalur kereta api ganda, terminal barang dan penumpang, serta infrastruktur penunjang lainnya seperti bendungan, geothermal, Hydro Power Plant, Kilang Minyak Balongan, Tempat Pembuangan Akhir. Dengan 3 hub utama yaitu Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Cirebon. Selain didukung dengan konektivitas kawasan, Metropolitan Rebana juga menaungi 81 proyek setara Proyek Strategis Nasional yang terdapat pada Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021. Dan memiliki luas daerah lebih dari 43.000 ha dari 13 Zona Industri yang dibatasi di Kawasan Rebana.

Polman Bandung sendiri ikut hadir dalam kegiatan WJIS 2023 sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional terkait dengan pengembangan kampus 2 di daerah Majalengka.  Turut hadir Direktur Polman Bandung, Mohammad Nurdin yang juga berkesempatan memaparkan rencana pengembangan kampus 2 Polman Bandung di Majalengka di ajang WJIS 2023.

Dengan adanya kegiatan WJIS 2023 diharapkan pembangunan Kampus 2 Polman Bandung dapat terealisasi dalam waktu dekat agar beriringan dengan investasi industri-industri yang ada di kawasan Rebana.

Leave a Reply

Penerimaan Mahasiswa