Sukses!, Pelaksanaan Lomba National Computer Aided Design (NCC) tahun 2023 di Polman Bandung

Prestasi Mahasiswa Polman Bandung dalam ajang National Computer Aided Design/Computer Aided Manufacturing (NCC)
September 8, 2023
KEJUARAAN SATRIA BUMI PAMUNGKAS WEB PENCAK SILAT
September 10, 2023

Bandung, Polman Bandung – Polman Bandung sukses sebagai tuan rumah Lomba National Computer Aided Design (NCC) tahun 2023 yang rangkaiannya diselenggarakan pada bulan Agustus s.d  September 2023.  Adapun penunjukkan Polman Bandung sebagai tuan rumah berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Forum Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Politeknik  se-Indonesia (BAKORMA) di Bandung tanggal 21-24 Februari 2023 dan Surat Penetapan Tuan Rumah Penyelenggara Kegiatan BAKORMA Tahun 2023 oleh Forum Direktur Politeknik Negeri  se-Indonesia No. 129/FDPNI/LL/2023 tanggal 23 Mei 2023 telah ditetapkan dan ditunjuk Politeknik Manufaktur Bandung sebagai tuan rumah pelaksanaan Lomba National Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing (NCC) Tahun 2023. Lomba ini dilaksanakan mulai tanggal 14 Agustus 2023 s.d 02 September 2023 di Politeknik Manufaktur Bandung.  Kategori Lomba National Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing (NCC) Tahun 2023 terbagi menjadi 4 (empat) kategori antara lain, yaitu:

  1. Kategori CAD-CAM Milling;
  2. Kategori CAD-2D Drafting;
  3. Kategori CAD-3D Modelling;
  4. Kategori CAD-Mechanical Animation.

 

Masing-masing kategori lomba diatas memiliki Juri yang berasal dari praktisi, perguruan tinggi dan sponsor. Juri yang berasal dari praktisi dan sponsor bertugas untuk menilai berdasarkan kepakaran yang mereka miliki pada masing – masing kategori lomba yang dilaksanakan sedangkan Juri akademisi bertujuan untuk  menilai dari sisi akademis serta menjaga netralitas dari lomba yang diselenggarakan. Adapun Juri yang terlibat dalam kegiatan lomba ini dijelaskan sebagai berikut:

Juri Praktisi :

  1. Sdr.Fery Setiadi, A.Md. dari PT. Tosuro Technology Indonesia
  2. Sdr.Agung Adzrikni Habibie, A.Md. dari PT. Ide Karya Manufaktur
  3. Sdr.Ramdhan Firmansyah, A.Md. dari PT. Bobobox Mitra Indonesia
  4. Sdr.Ahmad Badru Jaman, S.Tr. dari PT. Delapan Baja Multech
  5. Sdr.Rizal Bhanuaji Pangestu, A.Md. dari PT. Len Railway Systems

 

Juri dari Perguruan Tinggi

  1. Sdr. Muhammad Yunus, SST., MT dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung
  2. Sdr. Heri Berus Guntur Astrianto, S.T., M.T dari Politeknik Industri ATMI
  3. Sdr. Asep Indra Komara, S.S.T., M.T., IPM. dari Politeknik Manufaktur Bandung
  4. Sdr. Agus Dani S.T., M.T. dari Politeknik Negeri Malang

 

Juri dari Sponsor

  1. Sdr. Ahmad Furkon, A.Md. dari PT. CNC Disain Nusantara
  2. Sdr. Rizky Maulana, S.T. dari PT. Prosinergi Multitama
  3. Sdr.Farhan Muhammad Daffa, S.T. dari PT. Prosinergi Multitama

 

Jadwal pelaksanaan lomba NCC Tahun 2023 yang diselenggarakan Politeknik Manufaktur dijelaskan sebagai berikut:

 

  1. Pendaftaran Peserta:

Pendaftaran peserta lomba dilaksanakan mulai 31 Juli 2023 s.d 13 Agustus 2023 dengan mengisi link Gform yang telah disediakan oleh Panitia.  Lomba ini diikuti oleh 37 Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia dengan jumlah Pendaftar terdiri dari 140 Mahasiswa dengan rincian 101 Peserta dari Politeknik Negeri, 8 Peserta dari Politeknik Kedinasan, 11 Peserta dari Universitas Negeri serta 20 Peserta dari  Universitas/Politeknik Swasta. Jumlah Pendaftar untuk masing-masing kategori adalah sebagai berikut:

  1. Kategori CAD-CAM Milling = 30 Peserta.
  2. Kategori CAD-2D Drafting = 39 Peserta.
  3. Kategori CAD-3D Modelling = 52 Peserta.
  4. Kategori CAD-Mechanical Animation = 19 Peserta.

 

  1. Babak Penyisihan:

Babak penyisihan lomba dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus 2023, masing-masing Juri memberikan penilaian kepada para peserta lomba berdasarkan kriteria penilaian                         (masing-masing kategori) yang telah disepakati kepada panitia lomba NCC Tahun 2023.

 

  1. Babak Final:

Babak final lomba dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2023 secara luring di Politeknik Manufaktur Bandung. Babak final ini diikuti oleh 48 Peserta, dimana masing-masing kategori lomba diwakili 12 peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti babak final lomba dan tentu saja sesuai dengan Berita Acara yang telah diterbitkan oleh Panitia lomba berdasarkan pada hasil pertimbangan, penilaian dan seleksi dari para Juri masing-masing kategori lomba.  Babak final diselenggarakan secara luring di Kampus Polman Bandung dan juga disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Polman Bandung.

 

Live Streaming

  1. Penutupan:

Penutupan dilaksanakan pada tanggal 02 September 2023 secara luring di Saung Angklung Udjo. Penutupan dihadiri oleh Ketua Bakorma, 48 Peserta lomba dan Dosen Pembimbing dari masing-masing Perguruan Tinggi.

 

Dalam acara Lomba National Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing (NCC) Tahun 2023 tersebut diselenggarakan pula Seminar dan Expo Manufaktur yang dapat diikuti oleh Dosen dan Mahasiswa. Adapun peserta Audience EXPO  terdiri dari Praktisi Industri, Akademisi, Mahasiswa Teknik Bdg Raya, Siswa/i SMK Teknik Mesin se-Bandung Raya dan dari Umum.

Kesuksesan kegiatan Lomba National Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing (NCC) Tahun 2023 tidak luput peran para sponsor yang telah mendukung acara ini. Sponsor yang turut berpartisipasi dalam kegiatan lomba ini berasal dari beberapa instasi seperti :

  1. PT Buana Prima Raya
  2. Ikal Polman
  3. PT. Jaya CM Manggala Pratama
  4. PT Eastech Nusantara
  5. PT CNC Design Nusantara
  6. PT Sima Putra Technindo
  7. PT CNC Indonesia
  8. PT Global Digital Form (TWA3D)
  9. PT CAIRNHILL Serviech Inti
  10. PT. Kyocera
  11. PT Mitsubisi Electric Indonesia
  12. PT.Pro Sinergi Indonesia

 

Sivitas Polman Bandung mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pengarah,  Penanggung Jawab, Panitia Penyelenggara (Mahasiswa Polman) dan Sponsor kegiatan serta pihak lain yang turut berperan di dalam mempersiapkan kegiatan Lomba National Computer Aided Design/ Computer Aided Manufacturing (NCC) Tahun 2023  ini sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Leave a Reply

Penerimaan Mahasiswa