Sumbangsih Mahasiswa Polman Bandung, Sulap Kegelapan Menjadi Terang Benderang

HASIL SKD CPNS KEMDIKBUDRISTEK TA 2023 DI LINGKUNGAN POLITEKNIK MANUFAKTUR BANDUNG
November 25, 2023
Berprestasi di Olimpiade Vokasi Indonesia
December 4, 2023

Majalengka, Koranmandala – Mahasiswa Politeknik Manufaktur Bandung (POLMAN) melakukan pengabdian kepada Masyarakat (KKN) di desa Malausma Kecamatan Malausma Kabupaten Majalengka. Di desa ini, mereka membantu pemasangan instalasi Listrik Mandiri Rakyat (Limar) dimana pa Ujang Koswara sebagai penggagas Limar juga merupakan Alumni POLMAN Bandung.

Para mahasiswa itu bekerjasama dengan Komunitas Alumni Polman Bakti Negeri (KAPBN) untuk membantu masyarakat yang tidak mampu membayar listrik dari PLN atau daerahnya sulit dijangkau dengan jaringan listrik PLN. Nuryanti, ST.,M.Sc, Ketua Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan KKN POLMAN menjelaskan, KAPBN menyumbang 10 set Limar dimana 1 setnya terdiri dari 5 bohlam lampu LED @1 Watt, Accu 12 Ah, Solar Panel 50 Wp, controller 10 Ah).

“Untuk menjaga kesinambungan pemeliharaan listrik berbasis Sel Surya, mahasiswa telah membuatkan alat peraga edukasi penggunaan listrik berbasis energi surya. Mahasiswa juga memberikan pengetahuan tentang penggunaan listrik berbasis energi surya kepada masyarakat desa yang akan menjadi pelopor pemasangan listrik berbasis energi terbarukan. Sementara di Desa Pancurendang selain telah dibuatkan penerangan jalan umum berbasis sel surya dengan pemasangannya bersama-sama warga, mereka juga membuat sistem oven untuk tanaman porang.” Ungkapnya.

Tujuan pelaksanaan KKN POLMAN di kabupaten Majalengka ini diantaranya ; Melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Menghasilkan lulusan yang unggul dan memiliki sikap empati yang baik dan peduli terhadap permasalahan di masyarakat, Memberikan kontribusi penyelesaian permasalahan di masyarakat dengan pendekatan teknologi tepat guna yang sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing serta membangun jiwa saling menghargai dan bekerjasama baik sesama peserta KKN maupun dengan masyakarat setempat.

KKN POLMAN berlangsung pada periode semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 dimana Kegiatan dibagi menjadi 3 periode dengan kelompok mahasiswa yang berlainan dikarenakan sebagian mahasiswa masih ada yang magang industry yaitu Periode 7–18 Agustus 2023.

KKN dilaksanakan di Desa Jatipamor, Kecamatan Panyingkiran dan Periode 16 Oktober–10 November 2023. Periode ini dilaksanakan di Desa Malausma, Kecamatan Malausma dan Dusun Pancurendang Kelurahan Babakan Jawa. Mahasiswa yang melaksanakan KKN ke Kabupaten Majalengka berasal dari mahasiswa D4 semester 7 Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi dan Program Studi Teknologi Rekayasa Mekatronika Politeknik Manufaktur Bandung. Total jumlah mahasiswa 29 orang, terdiri dari : 6 orang di Desa Jatipamor , 11 orang di Desa Malausma , dan 12 orang di Desa Pancurendang.

KKN POLMAN didukung oleh Dosen Pembimbing Lapangan diantaranya, untuk Desa Jatipamor KKN Periode 7 – 18 Agustus 2023 :
• Wahyudi Purnomo, ST.,MT (Ketua)
• Abdurrahman Harits, SSi, MSi
• Abyanuddin Salam, SST.,M.Eng
• Ismail Rokhim, ST.,MT

dan Dosen Pembimbing Lapangan Desa Malusma KKN Periode 16 Oktober – 10 November 2023 yaitu
• Nuryanti (Ketua), ST.,M.Sc
• Harry Khomas, ST.,MTI
• Rizky Aji Pratama, S.Pd, M.Pd
• Sarosa Castrena A, S.Pd.,MT

Serta Dosen Pembimbing Lapangan untuk Dusun Pancurendang KKN Periode 16 Oktober – 10 Novemberv 2023,
• Wahyu Adhi Candra , ST., M.Sc.Eng (KEtua)
• Dr.Eng.Pipit Anggraeni, ST.,MT.,M.Sc.Eng
• Hilda Khoirunnisa, S.Tr.T, M.Sc.Eng
• Suharyadi Pancono, Dipl. Ing. HTL. M.T.

Nuryanti mengharapkan dengan kegiatan KKN POLMAN ini dapat memperkenalkan POLMAN yang akan membangun Kampus 2 di daerah Majalengka dan membangun kedekatan dengan masyarakat sekitar dengan berkolaborasi dalam memecahkan persoalan masyarakat di sisi keteknikan.

“Mahasiswa tidak memberi ikan, tapi memberikan pancing. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat terpicu untuk produktif” tegasnya.

Beliau melanjutkan dengan penerangan jalan umum, masyarakat terbantu untuk melewati daerah yang semula gelap dan rawan kecelakaan akibat tidak terlihatnya jalan di malam hari.

sumber :  https://www.koranmandala.com/news/46782/sumbangsih-mahasiswa-polman-bandung-sulap-kegelapan-menjadi-terang-benderang/

Leave a Reply

Penerimaan Mahasiswa