Bimbingan Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Paten di Polman Bandung

Penerimaan Mahasiswa Baru Program S2 Terapan Sistem Siber-Fisik Polman Bandung tahun 2024
February 26, 2024
Welcoming Session Program Internship Mahasiswa UPHF Prancis
March 20, 2024

Politeknik Manufaktur Bandung mengadakan Lokakarya Bimbingan Teknis Penelusuran dan Pemanfaatan Informasi Serta Sosialisasi Paten di Aula dan Ruang Seminar Rupantama pada Rabu, 28 Februari 2024. Kegiatan ini dapat terselenggara berkat kerja sama Polman Bandung dengan Kantor Wilayah Jawa Barat.

Kemenkumham RI, dengan mendatangkan empat orang narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, yakni: Ir. Aslin Sihite, Nico E Sulistiyono, S.T., Asfaroni, S.T., dan Wisnu Dwi Harsanto Reksodirjo, S.T., M.T.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Polman Bandung, Mohammad Nurdin, S.T., M.A.B., diselenggarakan dari pukul 09.00 WIB hingga 12.30 WIB dan dihadiri oleh 50 peserta Sivitas Akademika Polman Bandung, yang terdiri dari dosen dan mahasiswa serta beberapa tamu undangan.

Kegiatan ini merupakan sosialisasi terkait Hak Kekayaan Intelektual bidang paten dan bimbingan teknis kepada Sivitas Akademika Polman Bandung terkait langkah-langkah dalam menelusuri dokumen paten dari berbagai sumber. Bimbingan Teknis penelusuran informasi paten yang diselenggarakan di Aula Rupantama ini dipandu oleh Bapak Endi Sepkendarsyah, S.Sn., sebagai moderator dan Bapak Asfaroni, S.T., serta Bapak Wisnu Dwi Harsanto Reksodirjo, S.T., M.T., selaku narasumber.

Pada waktu yang sama, konsultasi hasil pemeriksaan substantif paten dilaksanakan di Seminar Rupantama yang dihadiri oleh dosen-dosen yang telah mengusulkan paten. Konsultasi tersebut dipandu oleh Bapak Ir. Aslin Sihite dan Bapak Nico E Sulistiyono, S.T., selaku pemeriksa paten. Kegiatan ini merupakan upaya tindak lanjut dari hasil pemeriksaan substantif paten dari paten-paten yang telah didaftarkan oleh tim dosen Polman Bandung.

Bimbingan teknis terkait penelusuran dan pemanfaatan informasi paten sangat membantu dosen dan mahasiswa dalam mencari dan menemukan potensi-potensi teknologi yang dapat dipatenkan. Selain itu, konsultasi yang dilakukan bersama dengan pemeriksa paten dari DJKI Kemenkumham RI pun membantu para dosen untuk memperbaiki draf paten yang telah diusulkannya.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan para narasumber dan Kanwil Jawa Barat Kemenkumham RI ke berbagai fasilitas pendidikan yang terdapat di Polman Bandung. Para Narasumber mengatakan bahwa fasilitas dan aktivitas pendidikan serta penelitian sangat menunjang penemuan-penemuan baru yang dapat dipatenkan.

Comments are closed.

Penerimaan Mahasiswa