Evaluasi Kemahasiswaan Polman Bandung Tahun 2023

Mahasiswa Polman Bandung menjadi Juara dalam Lomba Nasional Karya Tulis Ilmiah
December 29, 2023
Aktivitas Kegiatan P2AI Sepanjang Tahun 2023
January 3, 2024

Bandung, Polman Bandung – Hai sobat kemahasiswaan Polman, alhamdulillah pencapaian prestasi non-akademik oleh Mahasiswa Polman pada tahun 2023 mengalami peningkatan sebesar 65% dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2022. Perolehan prestasi non-akademik oleh Mahasiswa Polman Bandung dari tahun 2021 s.d 2023 dijelaskan tabel berikut:

Tabel 1.1 diatas menjelaskan tentang adanya peningkatan jumlah Mahasiswa yang memperoleh prestasi non-akademik dari tahun 2021 s.d 2023 didalam mengikuti kompetisi/lomba/kejuaraan baik secara individu/mandiri ataupun secara kelompok dalam tingkat internasional, nasional, provinsi, daerah/regional dan kota. Kenaikan jumlah Mahasiswa dari tahun 2021 s.d 2023 yang memperoleh prestasi  non-akademik dijelaskan oleh grafik berikut ini:

Perolehan prestasi non-akademik tersebut diraih oleh Mahasiswa Polman dari kegiatan Ekstrakurikuler di Polman bandung terdiri dari 4 (empat) kelompok yaitu : bidang olahraga, seni budaya & keagamaan, teknologi dan inovasi serta bidang kepemimpinan dan organisasi. Kelompok tersebut tergabung kedalam wadah/organiasai yang disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), adapun UKM yang berada di Polman Bandung antara lain seperti UKM Keluarga Mahasiswa Islam, Persekutuan Mahasiswa Kristen, Otomasi, Otomotif, Robotik, ATI, Futsal, Basket, Badminton, Voli, Tenis Meja, Catur, Karate, Pencak Silat, Taekwondo, Panjat Tebing WRC, Pecinta Alam GT, Tepat Guna dan UKM lainnya, Badan Eksekutif Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa serta Himpunan Mahasiswa.

Pada Tabel 1.1 dijelaskan bahwa pada tahun 2023 jumlah Mahasiswa yang memperoleh prestasi non-akademik berada diangka 117 Mahasiswa, dimana Mahasiswa tersebut merupakan Mahasiswa yang berasal dari berbagai tingkat, kelas dan program studi yang ada di Polman Bandung.  Berikut disampaikan Jumlah Mahasiswa yang memperoleh prestasi non-akademik tahun 2023 yang diklasifikasikan berdasarkan program studi sebagai berikut:

 

Dari jumlah 117 Mahasiswa yang memperoleh medali, sebesar 22% merupakan Mahasiswa yang berasal dari program studi Teknologi Rekayasa Otomasi, 17 % dari Mahasiswa program studi Teknologi Rekayasa Perancangan Manufaktur, 11% dari program studi Teknologi Rekayasa Mekatronika, 10 % dari program studi Manajemen Teknologi Rekayasa dan 9% berasal dari program studi Rekayasa Perancangan Mekanik.

Seluruh Mahasiswa tersebut berhasil mengharumkan nama Polman didalam pencapaian prestasi  non-akademik baik tingkat internasional, nasional, provinsi, regional maupun tingkat kota baik secara individu maupun kelompok. Sedangkan perolehan presentasi prestasi non-akademik sebesar >9% disumbangkan oleh program studi lainnya seperti program studi Teknologi Rekayasa Manufaktur, program studi Teknologi Rekayasa Material Maju, program studi Teknologi Pengecoran Logam, program studi Teknologi Manufaktur, program studi Teknologi Perancangan Perkakas Presisi, program studi Teknologi Rekayasa Informatika Industri dan program studi Pemeliharaan Mesin. Prestasi non-akademik Mahasiswa sepanjang tahun 2023 diklasifikasikan berdasarkan peraihan Medali pada masing-masing Program Studi dijelaskan oleh Grafik berikut:

 

Keikutsertaan Mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler tentu saja memberikan kesempatan bagi Mahasiswa untuk mengasah minat, bakat dan keterampilan diluar jam pembelajaran dan tentu saja dapat memberikan manfaat bagi Mahasiswa tersebut dari segi pengalaman dan wawasan yang didapat. Disamping itu, keikutsertaan Mahasiswa dalam kegiatan ekstrakurikuler memberikan ruang untuk Mahasiswa didalam untuk berekspresi, berkreativitas dan bahkan ruang untuk menciptakan prestasi non-akademik khususnya.

Pencapaian prestasi non-akademik merupakan salah satu peran serta (Mahasiswa, Dosen, Program Studi serta bidang Kemahasiswaan) didalam meningkatkan Indikator Kinerja Utama Polman Bandung khususnya IKU-2. Apresiasi dan ucapan terima kasih diberikan kepada seluruh perwakilan Mahasiswa, seluruh Dosen pembimbing/pendamping, seluruh Ketua Program Studi Polman dan bidang kemahasiswaan serta pihak lain yang telah mendukung Mahasiswanya atas pencapaian prestasi non-akademik ini.

Semoga pencapaian Prestasi ini jadi batu loncatan bagi Mahasiswa untuk raih prestasi berikutnya dan dapat menjadi motivasi bagi Mahasiswa lainnya didalam berkarya dan mengukir prestasi. POLMAN BANGGA!!!! BRAVO MAHASISWA POLMAN!!!! (oleh : Lina – Kmshw)

Comments are closed.

Penerimaan Mahasiswa